• Pertanyaan Lainnya
  • Menyuburkan rambut

    Dok, bagaimana cara menyuburkan rambut di wajah ya? Saya sudah ada janggut…

  • ketombe temen

    dok teman saya menanyakan soal ketombe yg sudah parah, sampo ini itu…

  • hb rendah

    halo dok, mau tanya. saya habis cek lab. hb saya rendah. yaitu…

  • Bau mulut

    Halo, dok kalau orang puasa kan suka tidak sedap aroma yg keluar…

  • sinus

    dokter apakah kebiasaan merokok memengaruhi kondisi sinus sesorang? terima kasih

ASI untuk bayi 6 bulan

Dok, anak saya umurnya 6 bulan 2 minggu. Sudah 2 minggu ini coba saya kasih makan, tapi anaknya ga mau. Cuma mau minum ASI aja. Apa tidak apa-apa dok ? Bagaimana caranya supaya anak mau makan ? Makanannya sudah saya blender sampai halus sekali. Tapi anaknya tetep ga mau.


Terima Kasih
  • 07 February 2018
  • 09:51
rumi_umi
Selamat siang,
rumi_umi

Terimakasih untuk pertanyaan yang diberikan.
Pada anak yang berusia lebih dari 6 bulan ada baiknya mulai diperkenalkan MP-ASI.
Menurut petunjuk MPASI WHO, pada umur 6 bulan tekstur makanan MPASI yang diberikan adalah makanan lumat/halus (bubur saring, pure atau makanan yang ditumbuk/dihaluskan). Pastikan tekstur makanan MPASI tidak terlalu cair atau encer, jadi gunakan sedikit saja air. Jadi tekstur bubur cair, tapi jika sendok dimiringkan bubur tidak tumpah.

MPASI bukan hanya sekedar makanan namun juga cara makan, kapan waktu makan, tempat makan, dan faktor pemberi makanan sehingga dalam MPASI WHO ini juga diperhatikan faktor psikososial anak.

Apa yang sebaiknya diberikan sebagai makanan pendamping ASI? Sayur dan buah yang dihaluskan, seperti kentang, apel, pisang, avokad, atau melon. Anda juga dapat memberikan bubur atau nasi yang dihaluskan. Semua diberikan di samping pemberian ASI. Jika bayi sudah terbiasa dengan buah dan sayur, Anda dapat memberikan jenis makanan lain yang dihaluskan, misalnya daging ayam, ikan, roti, atau telur.

Anda dapat mencoba memperkenalkan cangkir khusus balita kepada anak untuk minum air. Pada cangkir tersebut biasanya terdapat corong kecil pada salah satu sisinya agar bayi dapat belajar menyesap. Sebaiknya botol tidak digunakan agar bayi tidak lupa kepada bentuk puting (menolak menyusu pada payudara ibunya dan lebih memilih minum dari botol) ketika menyusu.

Suapi bayi dan perhatikan anak yang lebih besar serta beri bantuan bila dia membutuhkan. Beri anak makanan dengan sabar dan penuh perhatian, dorong anak untuk mau makan namun jangan paksa anak untuk makan.
Jika anak menolak makan, coba ganti kombinasi makanan, rasa, tekstur dan metode makan. Minimalisasi gangguan saat anak makan jika anak tipe yang mudah teralihkan perhatiannya.
Waktu makan adalah saatnya anak untuk belajar dan waktu keluarga mencurah cinta dan saling berkomunikasi sehingga ajak anak untuk mengobrol dengan kontak mata yang penuh kehangatan.
Jika anak menolak sendok coba berikan makan dengan menggunakan tangan. Pastikan tangan ibu bersih ya.

Semoga dapat membantu
  • 09 February 2018
  • 11:30

Untuk diagnosa pasti, silakan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Klik di sini untuk info rumah sakit dan dokter.

Salam,

dr. Belina Arum Wijaya
Dokter Umum (General Practicioner)