• Pertanyaan Lainnya
  • Menyuburkan rambut

    Dok, bagaimana cara menyuburkan rambut di wajah ya? Saya sudah ada janggut…

  • ketombe temen

    dok teman saya menanyakan soal ketombe yg sudah parah, sampo ini itu…

  • hb rendah

    halo dok, mau tanya. saya habis cek lab. hb saya rendah. yaitu…

  • Bau mulut

    Halo, dok kalau orang puasa kan suka tidak sedap aroma yg keluar…

  • sinus

    dokter apakah kebiasaan merokok memengaruhi kondisi sinus sesorang? terima kasih

Es bikin batuk

Dok bener ga sih klo es bikin batuk? Soalnya ada juga yang bilang klo es masuk tenggorokan suhunya akan sama dg tubuh. Tapi anak saya tiap makan es krim langsung batuk2. Itu kenapa?
  • 08 May 2018
  • 10:48
rianggi
Selamat pagi,
rianggi

Terima kasih atas pertanyaan yang sudah diberikan.

 

Mengonsumsi es (minuman dingin) adalah salah satu kebutuhan sehari-hari kita, terutama saat kita berada dalam suasana lingkungan yang terik dan panas. Apalagi kita sebagai orang Indonesia yang cenderung sering mengonsumsi makan-makanan yang panas dan pedas biasanya selalu diikuti dengan minum-minuman yang dingin. Efek yang ditimbulkan dari masing-masing individu pun terkadang kurang menyenangkan. Ada individu yang langsung batuk atau bahkan mengalami radang pada tenggorokan, namun ada juga individu yang tidak mengalami hal serupa. Terlebih jika individu tersebut dalam kondisi daya tahan tubuh menurun.

Pada umumnya, mengonsumsi minuman dingin atau dalam hal ini “es” tidak selalu menimbulkan batuk. Batuk adalah salah satu refleks tubuh yang terjadi akibat stimulasi saraf-saraf di lapisan dalam saluran pernapasan. Penyebab batuk bermacam-macam, seperti misalnya alergi seperti asma, rhinitis alergi atau infeksi seperti tonsilitis (radang amandel), faringitis (radang tenggorokan), dsb. Namun minuman dingin bukan merupakan salah satu penyebab langsung penyakit batuk, melainkan hanya sebagai pemicu batuk. Bila sedang batuk, sangat disarankan untuk menghindari minum-minuman dingin karena justru akan menyempitkan saluran nafas. 

Apakah minuman dingin yang sering dikonsumsi anak ibu? Apakah hanya “air es” saja atau malah minuman dingin yang memiliki bahan pengawet, perasa, dan pemanis buatan didalamnya? Bila iya, maka kita jangan hanya terfokus pada “rasa dingin” dari minuman tersebut, melainkan juga perlu dipertimbangkan zat-zat lain tersebut yang mungkin saja mudah merangsang batuk anak ibu.

Demikian informasi yang bisa saya berikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih

 

  • 09 May 2018
  • 13:05

Untuk diagnosa pasti, silakan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Klik di sini untuk info rumah sakit dan dokter.

Salam,

dr. Ivena Iranny
Dokter Umum (General Practicioner)