kewanitaan

permisi dok, saya mau bertanya.
Apakah gangguan yg terjadi, ketika bagian rahim terkena tekanan/dorongan barang yang terlalu keras, hingga mengeluarkan cairan seperti keputihan dok, dan sehabis kejadian itu. Selama satu bulan saya tidak mengalami haid dok. apakah itu berbahaya dok?

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih dok.
  • 02 August 2017
  • 18:34
Nur Komalasari
Selamat malam,
Nur Komalasari

Siklus menstruasi pada tiap wanita berbeda-beda.

Rata2 siklus menstruasi pada wanita adalah 21-35hari dihitung dari hari pertama haid saat itu. jika haid terlambat / mundur dari waktu biasanya bisa diaebabkan berbagai hal, antara lain

Stres, Jika anda mengalami stres, hormon dan bagian otak yang bertanggung jawab mengatur siklus menstruasi (hipotalamus) akan terganggu. Stres juga dapat menyebabkan sakit atau kenaikan/penurunan berat badan secara tiba-tiba. Itu semua dapat memengaruhi siklus menstruasi.

Obesitas, Perubahan hormonal wanita bisa dipicu oleh penambahan berat badan sedikit pun. Disarankan utk melakukan Diet dan olahraga teratur

Berat badan turun, Jika berat badan Anda kurang 10 persen dari yang seharusnya, fungsi tubuh akan berubah dan masa ovulasi (proses di mana salah satu indung telur melepaskan telur) pun terhenti.

Hormon prolaktin berlebih, Menstruasi terlambat dapat disebabkan oleh produksi hormon prolaktin yang tidak normal. Hormon ini biasanya diproduksi ketika wanita sedang menyusui. Itulah sebabnya ibu menyusui tidak akan mengalami menstruasi.

Alat kontrasepsi, Pil KB lmengandung hormon estrogen dan progestin, yang mencegah indung telur melepaskan sel telur. Dibutuhkan waktu hingga enam bulan agar siklus menstruasi kembali konsisten setelah berhenti mengonsumsi pil KB. Alat kontrasepsi yang ditanam atau disuntik juga dapat menyebabkan menstruasi terlambat.

Dan penyebab lain seperti :

Sindrom ovarim polikistik (Polycystic Ovary Symptom/PCOS)

Penyakit kronis

Masalah tiroid

Menopause dini

menstruasi terlambat dapat menjadi gejala beberapa kondisi dan penyakit.

Disarankan utk berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan utk mengetahui penyebab jelas terlambatnya haid anda

Keputihan dengan jumlah berlebih, bau, adanya perubahan warna dapat merupakan suatu tanda infeksi, coba utk membersihkan daerah kewanitaan anda secara teratur dan menggunakan antiseptik utk daerah kewanitaan dengan kandungan povidone–iodine dua kali sehari selama lima hari berturut–turut.

Jika bagian rahim anda terkena benturan keras, dan nyeri tidak berkurang disarankan utk berkonsultasi dengan dokter spesialis agar dapat dilakukan pemeriksaan yang lengkap.

Terima kasih, semoga bermanfaat
  • 03 August 2017
  • 00:42

Untuk diagnosa pasti, silakan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Klik di sini untuk info rumah sakit dan dokter.

Salam,

dr. Janet Chandra
Dokter Umum (General Practicioner)