• Pertanyaan Lainnya
  • Menyuburkan rambut

    Dok, bagaimana cara menyuburkan rambut di wajah ya? Saya sudah ada janggut…

  • ketombe temen

    dok teman saya menanyakan soal ketombe yg sudah parah, sampo ini itu…

  • hb rendah

    halo dok, mau tanya. saya habis cek lab. hb saya rendah. yaitu…

  • Bau mulut

    Halo, dok kalau orang puasa kan suka tidak sedap aroma yg keluar…

  • sinus

    dokter apakah kebiasaan merokok memengaruhi kondisi sinus sesorang? terima kasih

medical chek up

siang dok, mau tanya. besok saya mau medical chek up keperluan masuk kerja. tapi sekarang saya batuk banget dok. batuk berdahak. itu tar ngaruh ke hasilnya ga sih dok? apakah saya harus melakukan apa? makasih ya dok
  • 07 May 2018
  • 15:45
nadila
Selamat pagi,
nadila

terima kasih untuk pertanyaan nadila, untuk pemeriksaan medical check biasa ada beberapa pemeriksaan, mulai darah pemeriksaan tanya jawab oleh dokter yg memeriksa, pemeriksaan fisik mulai dari kepala hingga ujung kaki (head to toe),dan pemeriksaan penunjang lainnya (laboratorium misal darah,urin dll) dan foto rontgen (bila perlu).

untuk keluhan batuk sekarang,harus dipastikan dulu batuknya sudah berapa lama, apakah ada gejala tambahan selain batuk misal demam, penurunan berat badan, keringat malam, nafsu makan turun atau riwayat batuk darah, riwayat kontak dengan penderita tbc atau riwayat tbc sebelumnya. pertanyaan tersebut biasanya utk menyingkirkan penyakit radang paru akibat kuman tb utk penyakit tbc.

lalu pastinya dokter akan memeriksan fungsi paru apakah ada bunyi tambahan dari suara nafas yg tidak normal yang berhubungan dgn keluhan batuk, dan melakukan pemeriksaan laboratorium atau rontgen utk lebih memastikan lagi.

jika keluhan skrg tidak berhubungan dgn penyakit yg serius yg berdampak utk pekerjaan nantinya yg dikerjakan itu tidak masalah. misal batuk karena pengaruh radang tenggorakan. tapi kalau ternyata keluhan sekarang berhubungan dgn penyakit yg berdampak utk pekerjaan nanti misalnya bisa menularkan ke pegawai yg lain nanti pasti akan dapat tindak lanjut atau pemberitahuan oleh dokter dan pihak perusahaan.

sebaiknya mbak nadila tidak perlu cemas kalau batuknya hanya batuk biasa dan tidak berhubungan dgn penyakit serius. saran saya tetap lakukan poka hidup sehat utk mengurangi keluhan batuk misalnya jaga pola makan dgn menghindari makan makanan yg berminyak atau memakai penyedap rasa yg terlalu banyak dan perbanyak minum air putih.

jika keluhan benar benar mengganggu silahkan konsuktasi ke dokter untuk mendapatkan tindak lanjut utk keluhan tersebut.

terima kasih :)
  • 08 May 2018
  • 05:35

Untuk diagnosa pasti, silakan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Klik di sini untuk info rumah sakit dan dokter.

Salam,

dr. Erick Gunawan Sirait
Dokter Umum (General Practicioner)