• Pertanyaan Lainnya
  • kanker payudara

    selamat malam dok..saya mau tanya payudara saya klo d remas kluar air…

  • kanker payudara

    selamat malam dok..saya mau tanya payudara saya klo d remas kluar air…

  • Sakit perut bagian atas kemaluan

    Saya mau tanya dok kenapa saya sering sakit perut di bagian atas…

  • apa bedanya?

    Dok, mhon pnjelasannya kira-kira apa bedanya ciri-ciri penyakit maag, kista dan usus…

  • Penyakit apa?

    dok, saya sering merasakan sakit pada bagian dada dan perut sebelah kiri,…

Memar Pada Lengan Dan Kaki

Dok, di lengan dan kaki saya suka tiba-tiba muncul memar biru gitu. Padahal ga kepentok apa-apa. Dan rasanya juga ga sakit. Itu kenapa ya dok ? Perlu diperiksakan kah ?


Terima kasih
  • 08 February 2018
  • 15:43
nuke88
Selamat pagi,
nuke88

Terimakasih atas pertanyaannya
Memar yang saudara alami berhubungan dengan kerusakan pembuluh darah. Memar terbentuk ketika pembuluh darah yang terletak di bawah kulit rusak.

Beberapa faktor yang bisa menyebabkan kerusakan pembuluh darah sehingga membentuk memar antara lain:

Usia
Seiring bertambahnya usia, kulit dan jaringan di tungkai kaki dan lengan menjadi lebih tipis dan kurang fleksibel. Sehingga, tubuh menjadi lebih rentan robek ketika terjadi cedera ringan dan menyebabkan memar.

Cedera
Tak semua memar muncul secara langsung setelah terjadi kecelakaan. Pada beberapa orang, memar akibat kecelakaan akan timbul setelah beberapa hari. Karenanya, terkadang Anda lupa bahwa telah terjadi cedera.

Olahraga berlebihan
Olahraga yang berlebihan juga dapat menyebabkan kerusakan di jaringan bawah kulit. Akibat kerusakan ini, Anda menjadi lebih rentan mengalami pembuluh darah robek, sehingga muncul memar tiba-tiba.

Kadar lemak turun
Lemak tubuh merupakan sistem bantalan alami tubuh. Pada orang yang mengalami penurunan berat badan secara drastis akan lebih rentan terhadap memar yang muncul tiba-tiba.

Kurang asupan vitamin dan mineral
Saat kita kekurangan vitamin B12, C, K dan asam folat, pembuluh darah akan melemah sehingga sangat rentan terjadi kerusakan hingga timbul memar.

Diabetes melitus
Diabetes dapat menyebabkan gangguan pada sirkulasi darah, sehingga membuat kulit menjadi lebih mudah memar. Selain itu, penderita diabetes juga seringkali menunjukkan hiperpigmentasi dalam bentuk memar di kulit.

Penyakit darah
Berbagai penyakit dan kondisi yang berhubungan dengan darah dapat menyebabkan memar yang berlebihan. Seperti sepsis, trombositopenia, hemofilia, leukemia, penyakit Hodgkin, dan disfungsi trombosit. Kanker darah juga dapat menyebabkan fungsi sel darah memburuk. Hal ini sangat mungkin menyebabkan memar pada kulit.

Meskipun memar yang muncul tiba-tiba bisa hilang dengan sendirinya, namun Anda tetap harus memeriksakan ke dokter bila memar tidak hilang dalam beberapa hari. Terimakasih
  • 10 February 2018
  • 09:22

Untuk diagnosa pasti, silakan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Klik di sini untuk info rumah sakit dan dokter.

Salam,

dr. Agustinus Betha Devito
Dokter Umum (General Practicioner)