nina.sakit kepala kadang sakitnya berdatanganp

DOK saya mw tanya..,
saya punya keluhan kadang merasakan sakit kepala dibagian kepala bagian kanan smpai ke blakang kepala skt nya. tp sktnya bkn sakit kepala biasa pd umumnya dok.
dn sy merasakan sakit semenjak 2 tahun yg lalu.
Mohon penjelasannya, terima kasih DOK
  • 30 October 2017
  • 18:27
hj.harnina
Selamat pagi,
hj.harnina

Ada cukup banyak penyebab sakit kepala, sakit kepala sperti apa yg anda rasakan? Apakah sakit kepala berdenyut, tertusuk tusuk, apakah disertai aura, mual muntah, mata memerah, gangguan penglihatan, kelemahan sisi tubuh? Berikut sedikit ulasan tentang penyebab sakit kepala.

1. Migrain. Kondisi ini seringkali menyerang satu sisi kepala Anda, termasuk bagian kiri kepala Anda. Anda bisa menderita kepala yang berdenyut-denyut dan sakit yang menusuk disertai mual, muntah atau penglihatan yang kabur. Rasa sakit ini bisa berlangsung selama beberapa jam hingga tiga hari atau lebih dan dapat berulang ulang. Migrain sendiri belum diketahui pasti penyebabnya tapi diduga akibat gangguan pada aktivitas otak yang mengganggu keseimbangan kimia dan pembuluh darah otak. Kondisi ini bisa jadi dipicu oleh hormon, makanan, cahaya, alkohol, stres, bebauan atau suara.

2. Sinusitis. Kondisi ini dapat disertai hidung mampat, nyeri pada bagian wajah daerah sinus.

3. Sakit kepala karena tegang otot leher dan kepala. Sakit kepala ini bisa disebabkan oleh stres, kurang tidur, telat makan, dan postur tubuh yang tidak baik. Penderita mengalami gejala nyeri tumpul dan tekanan pada satu sisi kepala yang diiringi sakit pada leher dan bahu.

4. Sakit kepala klaster. Sakit kepala ini dapat disertai aura, bisa dipicu oleh silaunya cahaya, kebiasaan merokok, narkoba, cuaca panas, dan berada di tempat tinggi. Selain sakit kepala sebelah kiri, Anda juga bisa mengalami hidung tersumbat atau berair, sakit pada mata, serta pembengkakan pada sebagian wajah.

5. Tumor otak. Sakit kepala sebelah juga bisa disebabkan oleh tumor. Rasa sakit bisa menyerang ketika tumor di dalam tengkorak kepala telah mencapai ukuran tertentu. Dapat disertai kondisi sering pingsan, kesemutan/baal pada salah satu sisi tubuh, kelemahan anggota gerak badan, sakit kepala terus menerus.

Selain hal-hal di atas, sakit kepala juga bisa Anda alami ketika makan es krim, olahraga, dehidrasi, berhubungan intim, pengonsumsian obat-obatan pereda sakit atau kondisi kesehatan seperti sakit gigi, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, aneurisma, dan arteritis sel raksasa.

Penting untuk Anda utntuk mengetahui penyebabnya agar dapat dilakukan penanganan yg tepat sesuai dg penyebab sakit kepala anda. Sangat di sarankan utk berkonsultasi kepada dokter spesialis saraf mengingat kondisi yg Anda alami sudah cukup lama. Dokter mungkin akan menyarankan tes seperti CT scan atau MRI sesuai dengan kondisi klinis Anda. Jagalah prilaku hidup sehat.
Srmoga bermanfaat, terima kasih.
  • 04 November 2017
  • 07:47

Untuk diagnosa pasti, silakan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Klik di sini untuk info rumah sakit dan dokter.

Salam,

dr. Pita Mora
Dokter Umum (General Practicioner)