Penyembuhan avm

Kakak saya divonis menderita avm, sebesar 5x4cm. Setelah mengalami kejang minggu lalu, dan telah melaksanakan ct scan, mri, eeg, kateter, namun tes darah, dan tes kesehatan lain baik semua. Bagaimana cara penyembuhannya ya? Atau mungkin pencegahan terjadinya serangan lanjutan. Mohon infonya trima kasih. Karena dr nya hanya bilang operasi malah beresiko terjadi pendarahan. Dan 30-40% akan mnjd stroke
  • 04 August 2017
  • 22:08
Seseorang
Selamat pagi,
Seseorang

Arteriovenous Malformation (AVM) adalah adanya koneksi abnormal antara arteri dan vena.

AVM biasanya merupakan bawaan sejak lahir dan dapat berkembang di mana saja di tubuh, tetapi paling sering terjadi di bagian otak atau tulang belakang.

Gejala utama AVM adalah rasa pusing yang makin berat dan sering. Bila merasa sering pusing tanpa tahu penyebabnya maka bisa jadi merupakan nyeri kepala bahaya, yang membutuhkan penanganan lanjutan. Pada penderita pecah pembuluh darah (aneurisma), rasa pusing terasa sangat hebat dan belum pernah dirasakan sebelumya.

Gejala yang muncul

– telinga seperti mendengar suara mendesing

– Pendarahan

– kelemahan progresif atau mati rasa

Sekitar 50% dari pasien dengan AVM mengalami pendarahan

– Kejang

Sekitar 25% dari pasien memiliki dari pasien dengan AVM mengalami kejang

– Tekanan di sekitar otak mengakibatkan gejala seperti stroke

– Sakit kepala

Pengobatan yang tersedia antara lain reseksi bedah, embolisasi endovascular, dan radiosurgery stereotactic, yang semuanya dapat digunakan baik sendiri atau dalam kombinasi. Secara umum, perawatan ini bertujuan untuk menurunkan risiko perdarahan, dan mencegah perdarahan ulang.

Tidak ada metode, untuk mencegah malformasi arteriovenous. Tapi, untuk mengurangi risiko perdarahan perlu melakukan hal berikut:

  • hindari kegiatan yang meningkatkan tekanan darah (pekerjaan berat, merokok, dll)
  • menjaga berat badan yang sehat;
  • makan makanan sehat
  • kunjungan rutin ke dokter dan ahli saraf untuk memeriksa status malformasi arteriovenous yang dialami

Kesembuhan avm sendiri tergantung berbagai faktor, antara lain apakah avm ditemukan sebelum atau sesudah terjadi perdarahan. Jika avm ditemukan sebelum terjadi perdarahan, kemungkinan penyembuhan avm tergantung ukuran, gejala yang dialami, lokasi avm apakah berada dekat area vital di otak dan apakah avm sudah di tangani dengan tepat.

disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah saraf untuk mendapatkan penjelasan lengkap mengenai avm yang dialami. terima kasih.

 

 

  • 07 August 2017
  • 22:57

Untuk diagnosa pasti, silakan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Klik di sini untuk info rumah sakit dan dokter.

Salam,

dr. Janet Chandra
Dokter Umum (General Practicioner)