• Pertanyaan Lainnya
  • hasil lab

    Dok klo hasil lab seperti di bawah Test result units low range…

  • hasil lab

    Dok klo hasil lab seperti di bawah Test result units low range…

  • pipi tembem

    dok,assalamualaikum , saya mau tanya bisa nggak sih pipi yang tembem di…

  • Vaksin MR

    Dok, anak saya sekarang usianya 2 tahun 3 bulan. Seharusnya dia imunisasi…

  • Haid setiap bulannya

    kenapa kalau saya mau atau sesudah haid muncul rasa sakit gigi setiap…

Pup & Buang Angin Pada Bayi

Malam Dok,

Saya mau tanya perihal yang di alami anak saya, kebetulan ini anak pertama saya dan usia nya baru akan memasuki 1 bulan pada tangga 11 januari 2018 nanti.

Yang ingin saya tanyakan adalah normal kah pada saat tiap mau buang air besar (terkadang air kecil) & buang angin anak saya terlihat seperti kaya yang memaksakan (bahasa hariannya ngeden mgkn dok) bahkan terkadang sedang tidur nyenyak langsung terbangun dan tak jarang mendadak nangis. Tapi setelah itu langsung tenang dan anteng dok. Apakah hal ini normal atau baiknya bagaimana dok.

Terimakasih.
  • 09 January 2018
  • 20:02
syahril.reza11
Selamat pagi,
syahril.reza11

Apa yang dialami bayi anda tersebut adalah hal yang normal. Pada bayi baru lahir hingga usia tertentu sering kali bayi akan terlihat megedan hingga menangis terutama saat akan buang air besar. Ini  merupakan proses belajar bayi dalam mengeluarkan tinjanya sendiri, dan bisa berlangsung sejak bulan pertama setelah kelahiran hingga beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan tergantung dari kecepatan bayi dalam mempelajari proses ini. Hal yang perlu diwaspadai bila mengedan disertai menangis heboh dan bayi tampak kesakitan atau rewel, feses keras dan berwarna kehitaman atau disertai  darah, tidak bisa buang angin dan buang air besar dan disertai muntah. Bila hal ini terjadi sebaiknya segera bawa bayi anda ke dokter anak untuk diperiksa lebih lanjut apakah ada kelainan pada saluran cerna.

Beberapa langkah yang bisa membantu saat bayi mengejan adalah melakukan rileksasi organ pencernaan bayi dengan cara menekuk kaki bayi pada lutut, selanjutnya digerakkan secara lembut mendekat dan menjauhi perut bayi, dengan demikian, diharapkan dapat membantu bayi mengurangi keluhan tidak nyaman pada perutnya.

Demikian semoga bermanfaat.

 

  • 11 January 2018
  • 20:29

Untuk diagnosa pasti, silakan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Klik di sini untuk info rumah sakit dan dokter.

Salam,

dr. Winda Selvina Barus
Dokter Umum (General Practicioner)