radang tenggorokan mematikan

kenapa radang tenggorokan bisa mengakibatkan kematian? Apa faktor2 yang bisa mengakibatkan hal itu?
  • 06 October 2017
  • 14:07
hendrik
Selamat malam,
hendrik

Tidak semua penyakit radang tenggorok mematikan. Salah satu penyebabnya yg paling banyak adalah difteri, suatu penyakit pada selaput lendir hidung dan tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Ketika Anda mengalaminya, tenggorokan Anda akan terasa sakit disertai dengan demam dan tubuh Anda akan melemah. Selain itu, Anda juga akan mengalami sesak napas karena saluran di tenggorokan Anda tertutup oleh selaput tebal berwarna abu-abu.
Penyakit ini sangat menular dan berbahaya. Bakteri dapat menyebar dengan mudah dan cepat. Orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, tidak imunisasi, dan tinggal dalam lingkungan yang penuh sesak cenderung lebih berisiko untuk mengalaminya. Jika tidak ditangani dengan cepat, penyakit ini akan menimbulkan penyakit lain yang lebih serius, seperti:
1. Kerusakan jantung
Bakteri penyebab penyakit ini membawa racun di mana mereka dapat menyebar melalui aliran darah dan kemudian merusak jaringan lain dalam tubuh Anda sekaligus menimbulkan komplikasi. Misalnya, otot jantung rusak sehingga menimbulkan radang pada otot jantung (miokarditis) yang pada akhirnya menyebabkan gagal jantung
2. Kerusakan saraf
Racun yang dibawa oleh bakteri juga dapat merusak saraf. Target utamanya adalah saraf pada tenggorokan. Jika itu terjadi, Anda akan mengalami kesulitan untuk bernapas dan menelan. Tak hanya di situ saja, saraf pada lengan dan kaki juga dapat meradang. Akibatnya, otot-otot tubuh Anda akan melemah.

Bukan berarti sakit tenggorok yg lain dapat disepelekan, beberapa orang tertentu dapat mengalami reaksi autoimun setelah terinfeksi bakteri seperti radang tenggorok dan diare. Reaksi autoimun yg jarang terjadi ini di antaranya Guillain Barre Syndrome , di mana reaksi ini biasa muncul sekitar 7 hr setelah terjadi infeksi, reaksi ini cukup mematikan karena dapat menyebabkan kelumpuhan otot pernafasan.

Oleh karena itu, segeralah memeriksakan diri ke dokter jika anda mengalami sakit tenggorok untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Semoga info ini bermanfaat.
  • 09 October 2017
  • 21:35

Untuk diagnosa pasti, silakan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Klik di sini untuk info rumah sakit dan dokter.

Salam,

dr. Pita Mora
Dokter Umum (General Practicioner)