• Pertanyaan Lainnya
  • rematik

    Dok tanya donk mama saya sdah 3 hari minum rebusan air daun…

  • masalah kulit

    Dok saya mau bertanya. Ini kulit saya bermasalah. Bentuknya lingkaran kecil" teksturnya…

  • vaksin MR

    Anak saya umur 11 th saat ini sedang batuk pilek sama gejala…

  • Penyembuhan avm

    Kakak saya divonis menderita avm, sebesar 5x4cm. Setelah mengalami kejang minggu lalu,…

  • Masalah Seputar Hubungan Intim

    Selamat pagi, Mohon info terkait dengan aktivitas hubungan suami istri dengan istri…

RAMBUT DI USIA MUDA ( REMAJA)

Dok, Saya mau tanya tentang masalah rambut saya yang mulai beruban di usia 15 tahun yang lalu saya nggak tahu kenapa rambut saya jadi uban terlalu cepat. Saat saya berumur 16 tahun rambut saya tambah beruban dan disertai gatal dan ketombe di bagian uban gitu dok. Jadi, saya putuskan mencabut uban saya dengan bantuan saudara saya. Beberapa bulan datang lagi keluhan gatal, ketombe saya dan adalagi uban di bagian belakang kepala saya. Jadi, saya tambah bingung dan cemas gimana caranya bisa hilangkan uban saya ini dan saya sangat gelisah terhadap uban saya yang selalu ditertawakan teman saya. Tapi, bukankah rambut uban terjadi di usia 30-50an aja dok. Jadi dok, saya mohon saran dan saya harus ke dokter mana apa dokter umum/kuit dok? Apa benar gatal dan ketombe tanda-tanda rambut jadi beruban?. terimakasih sebelumnya.
  • 01 August 2017
  • 16:11
Seseorang
Selamat malam,
Seseorang

munculnya rambut uban atau gray hair erat hubungannya dengan masalah genetika. 

walau beberapa literatur menyampaikan bahwa ada hubungan antara kandungan gizi yang diasup dengan munculnya rambut uban. 
tapi perangan genetik lebih berpengaruh kuat. sehingga hal itut tidak menutup kemungkinan rambut uban muncul diusia muda. 

Ketombe atau dandruff adalah serpihan kulit kepala berwarna putih atau keabu-abuan yang mengelupas dan menempel pada rambut atau terlihat di bahu Anda.

Tubuh secara teratur akan merontokkan sel kulit mati setelah membentuk sel kulit baru. Yang menjadi masalah adalah sel-sel kulit yang tumbuh dan mati dengan terlalu cepat. Kematian sel kulit yang lebih cepat akhirnya menyebabkan munculnya ketombe.

Penyebab percepatan pertumbuhan dan juga kematian sel kulit ini masih belum diketahui. Salah satu kemungkinannya adalah dermatitis seboroik, yaitu sebuah kondisi yang menyebabkan kulit menjadi berminyak

 

berkunjunga dan berkonsultasi ke dokter Spesialis Kulit adalah pilihan yang cukup bijak. 

terima kasih 

  • 02 August 2017
  • 21:13

Untuk diagnosa pasti, silakan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Klik di sini untuk info rumah sakit dan dokter.

Salam,

dr. Michael Aditya
Dokter Umum (General Practicioner)