Sakit gigi

Dok gigi saya mengalami masalah yaitu gigi geraham saya sakit dan warnanya berubah jadi hitam , lalu gigi saya yang lain nya kok berlubang tapi lubangnya kecil padahal saya sudah teratur untuk menggosok gigi , lalu penyebabnya apa dok? . mohon dijawab.makasih sebelumnya.
  • 10 June 2017
  • 14:50
Seseorang
Selamat pagi,
Seseorang

Terimakasih atas pertanyaannya. Saya akan coba menjawab. Gigi kita ada salah satu bagian tubuh kita yang kuat. Tapi dia akan rusak bila tidak dijaga dengan baik. Penyebab kerusakan bermacam2, bisa karena makan makanan yang merusak gigi(seperti coklat, permen, gula, es krim, dll), kebiasaan tidak teratur menggosok gigi, cara menggosok gigi yang kurang benar dan asal-asalan, kurang minum air putih, kebiasaan merokok, dsb. Mungkin anda memang rajin menggosok gigi, tapi apakah polanya sudah benar? Apakah anda yakin tidak ada noda tersisa diskekitar gigi saat menggosok gigi? Bagaimana pola makan anda?
Pada awalnya, biasanya gigi tidak akan langsung nyeri/bolong, biasanya akan timbul yang disebut dengan 'karies'. Karies biasanya berwarna hitam/coklat dan timbul dipermukaan gigi. Bila tidak dibersihkan dan dibiarkan, lama kelamaan bakteri akan menumpuk disana dan menyebabkan gigi berlubang. Gigi berlubang yang masih kecil biasanya tidak menimbulkan gejala nyeri, jadi kadang pasien tidak menyadarinya. Saat lubang sudah besar dan mengenai saraf(biasanya gigi berubah warna jadi hitam) maka pasien akan merasakan nyeri.
Mungkin tahap nyeri inilah yang dialami oleh gigi geraham anda. Sebaiknya anda segera pergi ke dokter gigi tersekat untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Gigi yang berlubang dapat menimbulkan berbagai gangguan, seperti bau mulut(ini akan sangat mengganggu komunikasi dengan lawan bicara), sakit kepala, sakt rahang, infeksi pada gusi, infeksi pada daerah rahang dan yang paling berat menyebabkan infeksi sampai ke selaput otak.
Sebaiknya anda memeriksakan gigi ke dokter gigi terdekat setiap 6 bulan sekali.
Jaga pola makan dan jangan lupa minum air putih.
Tetap rajin menggosok gigi dengan cara yang benar minimal 2x/hari.
Sekian jawaban yang bisa saya berikan, semoga membantu.
Salam sehat :)
  • 11 June 2017
  • 08:32

Untuk diagnosa pasti, silakan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Klik di sini untuk info rumah sakit dan dokter.

Salam,

dr. Ayu Kartika Sari
Dokter Umum (General Practicioner)
Kira2 biaya nya berapa buat pengobatan karies dok
  • 08 July 2017
  • 18:19
Seseorang
Kira2 biaya nya berapa buat pengobatan karies dok
  • 09 July 2017
  • 22:42
Seseorang