sakit kepala sebelah kiri

dok mau nanya, apa sih penyebab sakit kepala sebelah kiri? saya merasa sakit kepala saat sedang stres dan saat cemas. itu kenapa ya?
  • 06 October 2017
  • 14:12
james
Selamat malam,
james

Penyebab sakit kepala sebelah kiri atau yg biasa kita sebut migrain oleh beberapa faktor, di antaranya:
1. Sinusitis
2. Sakit kepala tegang. Sakit kepala ini bisa disebabkan oleh stres, kurang tidur, telat makan, ketegangan otot, dan postur tubuh yang tidak baik. Penderita mengalami gejala nyeri tumpul dan tekanan pada satu sisi kepala yang diiringi sakit pada leher dan bahu. Ini yg paling banyak di alami oleh pasien usia muda.
3. Sakit kepala klaster. Sakit kepala ini bisa dipicu oleh silaunya cahaya, kebiasaan merokok, narkoba, cuaca panas, dan berada di tempat tinggi. Selain sakit kepala sebelah kiri, Anda juga bisa mengalami hidung tersumbat atau berair, sakit pada mata, serta pembengkakan pada sebagian wajah.
4. Tumor otak. Sakit kepala sebelah kiri juga bisa disebabkan oleh tumor. Rasa sakit bisa menyerang ketika tumor di dalam tengkorak kepala telah mencapai ukuran tertentu. Karena struktur tengkorak padat dan ruang untuk perkembangannya sangatlah sempit, jadi jika tumor membesar akan memaksa mengisi area sempit ini, dan akibatnya akan menekan area lain sehingga akan menimbulkan rasa sakit kepala sebelah.
5. Stroke. Jika mengalami stroke, bisa jadi Anda akan merasakan sakit kepala 1 sisi. Tidak hanya sakit kepala, Anda juga bisa mengalami mati rasa, tubuh lemah, sulit berbicara dan kehilangan koordinasi tubuh.

Selain hal-hal di atas, sakit kepala sebelah kiri juga bisa Anda alami ketika makan es krim, olahraga, dehidrasi, berhubungan intim, pengonsumsian obat-obatan pereda sakit atau kondisi kesehatan seperti sakit gigi, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, aneurisma, dan arteritis sel raksasa.

Untuk kondisi yg anda alami mungkin bisa saja seperti penyebab no 2. melihat banyaknya penyebab di atas, saya sarankan berkonsultasilah dan periksakan diri anda ke dokter. Semoga info ini bermanfaat.
  • 09 October 2017
  • 20:53

Untuk diagnosa pasti, silakan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Klik di sini untuk info rumah sakit dan dokter.

Salam,

dr. Pita Mora
Dokter Umum (General Practicioner)