• Pertanyaan Lainnya
  • rematik

    Dok tanya donk mama saya sdah 3 hari minum rebusan air daun…

  • masalah kulit

    Dok saya mau bertanya. Ini kulit saya bermasalah. Bentuknya lingkaran kecil" teksturnya…

  • vaksin MR

    Anak saya umur 11 th saat ini sedang batuk pilek sama gejala…

  • Penyembuhan avm

    Kakak saya divonis menderita avm, sebesar 5x4cm. Setelah mengalami kejang minggu lalu,…

  • Masalah Seputar Hubungan Intim

    Selamat pagi, Mohon info terkait dengan aktivitas hubungan suami istri dengan istri…

sakit pada tumit

Dok,kenapa pada setiap saya bangun tidur atau duduk agak lama tumit saya sakit sekali tapi kalo sudah buat jln normal lagi,ini hanya terjadi pada tumit sebelah kiri,,trima kasih dok
  • 17 June 2017
  • 11:34
Seseorang
Selamat pagi,
Seseorang

Terimakasih atas pertanyaannya.

Nyeri pada tumit dapat disebabkan oleh beberapa macam hal, diantaranya:
1. Plantar Fasciitis, yaitu peradangan pada jaringan otot yang menghubungkan tumit dengan jari-jari kaki. Biasanya penderita akan mengalami nyeri seperti ditusuk terutama ketika Anda pertama melangkan setelah bangun pagi hari. Nyeri akan menghilang setelah Anda beraktifitas namun dapat kembali terasa setelah berdiri lama atau ketika berdiri tegak setelah duduk lama. Hal ini banyak terjadi pada pelari, orang dengan berat badan berlebih, atau yang menggunakan sepatu yang tidak sesuai.

2. Achilles tendinitis, yaitu perdangan pada jaringan ikat yang menghubungkan otot betis dengan tumit, biasanya nyeri lebih terasa pada bagian belakang tumit. Kondisi ini banyak terjadi pada orang yang sering berolahraga yang berlari misalnya lari, basket, tenis. Biasanya nyeri muncul setelah berlari dan tidak jarang penderitanya mengalami nyeri atau kekakuan pada pagi hari setelah bangun tidur yang sedikit membaik setelah beraktifitas. Kondisi ini bilsa tidak tertangani dapat menyebabkan robekan atau putusnya tendon Achilles.

3. Gout Arthritis. Sakit pada telapak kaki juga bisa diakibatkan oleh penumpukan kristal asam urat pada sendi yang menyebabkan peradangan. Sakit yang diakibatkan kondisi ini sering kali menyerang mendadak dengan rasa sakit yang parah. Sendi yang terkena akan memiliki terasa panas dan membengkak. Keadaan ini biasanya tidak membaik bahkan saat istirahat sekalipun. Gout perlu ditangani dengan obat pereda sakit dan kompres dengan es. Kondisi ini lebih sering menimpa kaum pria dibandingkan para perempuan. Namun hal ini bukan berarti gout tak bisa menimpa kaum hawa. Para perempuan akan kian rentan setelah mereka mengalami menopause.

4. Rheumatid Arthritis. Penyakit ini muncul berupa inflamasi kronis yang umumnya menyerang sendi kecil di tangan dan kaki. Rheumatid arthritis menyerang bagian lapisan sendi dan bisa menyebabkan bengkak. Pembengkakan yang terjadi akan terasa sakit dan jika dibiarkan akan mengakibatkan pengikisan tulang dan menimbulkan kelainan bentuk sendi. Gangguan ini terjadi akibat gangguan pada sistem kekebalan tubuh seseorang. Selain sendi, jaringan lain yang juga bisa diserang oleh rheumatoid arthritis adalah kulit, mata, paru-paru, dan pembuluh darah. Perempuan berusia 40 tahun ke atas adalah kelompok paling rentan

Sebaiknya, anda periksakan diri anda ke dokter untuk memastikannya.
Anjuran berikut juga dapat membantu istri Anda:
- Istirahatkan kaki yang sakit
- Hindari olahraga lari
- Pastikan menggunakan sepatu yang empuk dan sesuai dengan kaki anda
- Melakukan kompres dingin pada daerah yang sakit secara berkala.

Anda dapat berkonsultasi dengan fisioterapis mengenai olahraga dan gerakan fisik yang tepat untuk membantu penyembuhan.
Semoga dapat membantu. Terimakasih.
  • 18 June 2017
  • 06:57

Untuk diagnosa pasti, silakan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Klik di sini untuk info rumah sakit dan dokter.

Salam,

dr. Sherline
Dokter Umum (General Practicioner)