• Pertanyaan Lainnya
  • hasil lab

    Dok klo hasil lab seperti di bawah Test result units low range…

  • hasil lab

    Dok klo hasil lab seperti di bawah Test result units low range…

  • pipi tembem

    dok,assalamualaikum , saya mau tanya bisa nggak sih pipi yang tembem di…

  • Vaksin MR

    Dok, anak saya sekarang usianya 2 tahun 3 bulan. Seharusnya dia imunisasi…

  • Haid setiap bulannya

    kenapa kalau saya mau atau sesudah haid muncul rasa sakit gigi setiap…

Susu UHT dan Yakult

Dok, mau nanya, apa bener anak umur 1 tahun sudah boleh konsumsi susu UHT dan yakult ? Soalnya ASI saya sudah tidak keluar karena hamil anak kedua. Terima kasih dok
  • 08 January 2018
  • 12:49
sissyiskandar
Selamat siang,
sissyiskandar

Terimakasih untuk pertanyaan yang diberikan.
Pemberian Susu pada bayi/anak sangat penting bagi masa pertumbuhan dan perkembangan mereka, apalagi pada usia2 anak Anda.
Susu UHT (Ultra High Temperature) adalah susu yang diolah dengan temperatur yang tinggi dalam waktu yang singkat sehingga bertujuan untuk membunuh bakteri dan spora. Waktu pemanasan yang singkat tersebut bertujuan untuk mencegah kerusakan nilai gizi susu itu sendiri dan menjaga rasa serta aroma.
Susu UHT sendiri sebenarnya aman untuk dikonsumsi oleh anak diatas 6 bulan sebagai pendamping ASI, sebaiknya diencerkan lebih dulu, oleh karena pencernaan bayi masih rentan. Sedangkan pada bayi diatas 1 tahun bisa diberikan susu UHT sesuai dengan kemauan si bayi.
Hal yang perlu diketahui tentang Susu UHT adalah dibuat dengan teknik aseptik, tanpa bahan pengawet, untuk penyimpanannya tidak harua disimpan di kulkas bila belum dibuka. Iangan lupa perhatikan tanggal kadaluwarsa sebelum membeli ya.

Untuk pemberian yakult pada bayi umur 1 tahun juga sudah boleh diberikan oleh karena manfaatnya bagi saluran pencernaan juga baik. Yakult sebagai probiotik yang mengandung Lactobacillus casei Shirota strain memiliki manfaat mencegah terjadinya infeksi saluran cerna atau diare, meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan jumlah bakteri yang baik dalam usus.
Bila baru pertama kalo diberikan pada bayi Anda sebaiknya yakult tersebut diencerkan dengan air hangat. Dan pada bayi maksimal hanya 1 botol yakult per hari.

Semoga jawaban yang diberikan membantu menambah wawasan Sissy.

  • 09 January 2018
  • 12:38

Untuk diagnosa pasti, silakan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Klik di sini untuk info rumah sakit dan dokter.

Salam,

dr. Belina Arum Wijaya
Dokter Umum (General Practicioner)