• Pertanyaan Lainnya
  • Badan saya tidak gemuk gemuk

    Mlm dok, Keluhan saya ada pada perut saya yang terasa perih dan…

  • Menstruasi tidak lancar

    ASSALAMUALAIKUM... Maaf sblmnya bu dok ..saya ingin bertanya kenapa yah saya kalau…

  • Tubuh kerdil

    Mau nanyak dok. Dalam keluarga Z memiliki 5 orang anak, dimana terdapat…

  • bulu ketiak

    siang dok saya mau tanya dok, apa benar mencabut bulu ketiak lama-lama…

  • uban banyak

    dok uban tu ada hubungannya sama umur g si? klo uban muncul…

Tubuh kerdil

Mau nanyak dok. Dalam keluarga Z memiliki 5 orang anak, dimana terdapat 4 orang anak laki-laki dan 1 orang perempuan. Anak pertama sampai anak ke 3 berjenis kelamin Laki-laki, anak ke 4 bejenis kelamin perempuan dan anak ke 5 berjenis kelamin laki-laki pula. Namun anak ke 2 dan ke 3 memiliki tubuh kerdil. Akan tetapi anak pertama, ke empat dan kelima tumbuh normal seperti biasanya. Yang menjadi pertanyaan saya apakah anak perempuan tersebut akan mewarisi gen keturunan yg bertubuh kerdil juga kelak setelah menikah?
  • 02 June 2018
  • 21:00
fahruddin sinaga
Selamat pagi,
fahruddin sinaga

Tubuh kerdil atau atau biasa disebut dwarfisme adalah kondisi yang ditandai dengan tubuh yang pendek akibat kelainan genetis salah satu atau kedua orang tua, nutrisi yang buruk atau kekurangan hormon, dwarfisme juga disebabkan oleh beberapa jenis kondisi medis dan penyebab lain yang belum diketahui hingga kini.

Dalam dunia medis, dwarfisme dikategorikan secara anatomi menjadi 2, yaitu dwarfisme proposional dan dwarfisme yang tidak proporsional.
Dwarfisme proporsional yaitu semua anggota tubuh memiliki ukuran yang sama kecil dan proporsional dengan tinggi tubuh penderita dwarfisme sehingga tampak seperti postur tubuh normal pada umumnya. Kondisi ini biasanya tidak langsung terlihat pada saat lahir. Gejala bisa muncul di awal masa kanak-kanak yang kemudian membatasi keseluruhan proses tumbuh kembang anak. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh berkurangnya produksi hormon pertumbuhan oleh kelenjar pituitari, atau kelenjar di bawah otak, sehingga tidak memenuhi asupan untuk pertumbuhan yang normal.

Dwarfisme disproporsional, yaitu sebagian anggota tubuh memiliki ukuran yang sama kecil dan proporsional dengan tinggi tubuh, namun anggota tubuh lain memiliki ukuran normal atau bahkan lebih besar dari ukuran rata-rata. Beberapa kondisi medis dapat menyebabkan terhambatnya perkembangan tulang pada penderita.
Kondisi genetik yang bisa menyebabkan dwarfisme jenis ini antara lain sindrom turner, sindrom down, akondroplasia, dan banyak lainnya.

Jadi tubuh kerdil yang anda maksudkan harus dievaluasi secara klinis dan genetik oleh dokter ahli genetika untuk mengetahui diagnosis medis sebenarnya. Setiap kondisi medis seseorang memiliki pola pewarisan sifat yang berbeda karena ada kelainan genetik yang terpaut kromosom tubuh dan ada yang terpaut kromosom seks. Artinya, ada beberapa kelainan yang diwariskan mengenai jenis kelamin tertentu dan ada yang tidak. Peluang seorang anak laki-laki atau perempuan untuk menderita tubuh kerdil tetap ada bila salah satu dari orang tua mengalami hal serupa.
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat.
Terima kasih
  • 04 June 2018
  • 13:08

Untuk diagnosa pasti, silakan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Klik di sini untuk info rumah sakit dan dokter.

Salam,

dr.Yenti Puspita Sari
Dokter Umum (General Practicioner)